Keripik Kentang Gurih

Keripik merupakan salah satu jenis makanan ringan yang digemari oleh banyak orang. Sebagai camilan favorit, keripik dikenal memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak dinikmati dalam beragam suasana. Bagi kebanyakan orang, menikmati keripik seperti terhipnotis, dimana belum akan berhenti ketika keripik tersebut belum habis. Saat ini mulai banyak bermunculan inovasi-inovasi keripik berbahan sayuran salah satunya kentang yang tentunya memiliki kandungan gizi tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif makanan ringan yang menyehatkan.

Resep Cara Membuat Keripik Kentang Renyah Enak - Tak ubahnya keripik lainnya keripik kentang menjadi camilan yang banyak dicari. Mulai dari keripik kentang yang sederhana berupa rasa original atau tanpa bumbu sampai yang diberi dengan rasa. Ada keripik kentang rasa pedas ataupun asin namun kebanyakan lebih menyukai rasa yang asin gurih. Bisa dilihat dari keripik kentang merek terkenal yang di jual di supermarket ataupun toko besar lainnya. Tentu cara membuat keripik kentang produk besar memiliki rahasia besar.

Resep Cara Membuat Keripik Kentang Renyah

peluang usaha rumahan keripik kentang
Kendati begitu kita bisa memprediksi garis besar rahasia tersebut dengan melihat tekstur, tebalnya keripik kentang dan bumbu yng digunakan. Kita mulai dari ketebalan keripik kentang merk tersohor. Maka akan kita temukan keripik yang sangat tipis. Nah bisa ditiru ketipisannya dengan menggunakan alat pengiris dengan menentukan ketipisan maksimal. Idealnya adalah 1/8 inci. Lalu apa gunanya kita berusaha membuat keripik kentang sangat tipis? Usaha itu dilakukan agar memperoleh hasil yang gurih. Dari analisis ini kita sudah mendapatkan 1 rahasianya.


Bukan itu saja saja membuat rahasia kegurihan pada keripik kentang. Jika dilihat kentang cenderung mengandung air yang tinggi. Untuk itu ada cara yang efisien untuk mengurangi kadarnya. Caranya mudah saja yaitu dikeringkan. Silahkan keringkan irisan kentang yang tipis sebelum digoreng. Hal itu akan memudahkan dan mempercepat proses penggorengan keripik dan akan membuatnya semakin gurih. Untuk membuat resep keripik yang mendekati seperti merk terkenal silahkan lihat resep di bawah ini.

Resep Keripik Kentang





Bahan

  1. 1 kg Kentang, usahakan memilih kentang yang tua, bentuk yang besar dan kulit halus tanpa penyakit.
  2. Kapur sirih secukupnya
  3. Air secukupnya untuk dicampurkan dengan kapur sirih

Bumbu Tabur

    1 1/2 sdt Garam Halus
    1 1/2 sdt Bawang Putih, beli yang bubuk
    1 1/2 sdt Paprika bubuk
    Merica halus sedikit saja
    Gula secukupnya

Cara Membuat Bumbu Keripik Kentang

    Campurkan semua bahan bumbu kemudian aduk hingga rata.

Cara Membuat Keripik Kentang
  • Kupas kentang, cuci dengan air hingga bersih.
  • Tipiskan menggunakan alat dengan ketebalan 1/8 inci.
  • Campurkan air dan kapur sirih hingga larut, supaya lebih cepat bisa diaduk-aduk. 
  • Masukkan irisan kentang, tiriskan.
  • Taruh kentang diatas kertas handuk, biarkan hingga kering
  • Panaskan minyak yang banyak menggunakan api kecil. Masukkan kentang dan balik sesekali jika sudah matang dengan warna kuning kecoklatan segera angkat
  • Tiriskan hingga minyak yang melekat di kentang hilang.
  • Taburkan bumbu ke kentang yang sudah tidak mengandung minyak. Bolak-balik pelan sampai rata.


 
Powered by Blogger-Info Peluang Bisnis