Skip to main content

Riset keywords dengan Google Adwords Keyword Tools

Cara-Riset-keywords

Perhatian: Google Adwords Keyword Tools Sudah ditutup dan diganti dengan Google Adwords Keyword Plan, Baca Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

Sebelum anda membangun sebuah website bisnis anda ataupun blog pribadi anda tentunya anda ingin menentukan topik dan kata kunci website anda terlebih dahulu. Melakukan riset kata kunci atau keywords merupakan langkah awal yang wajib dilakukan oleh setiap webmaster karena hal ini dapat membantu keberhasilan sebuah website di mesin pencari seperti google, dan bahkan bisa dikatakan bahwa riset kata kunci adalah kunci keberhasilan sebuah situs karena akan sangat mempengaruhi trafik pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google.

Salah satu alat atau tools yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci website anda adalah Google Adwords: Keyword Tool. Sebenarnya alat ini pada awalnya disediakan oleh pihak google kepada advertiser mereka dengan tujuan agar pihak advertiser atau pengiklan mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi di mesin pencari google.

Bagi para publisher adsense, internet marketer, ataupun blogger, tentunya tools ini adalah salah satu tools terbaik pencari kata kunci untuk membangun website bisnis mereka, dan dapat digunakan secara gratis. Lalu anda bertanya, bagaimana cara riset keywords dengan menggunakan google adwords keyword tools? Baca terus artikel ini karena sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut ini adalah gambar tampilan Google adwords keyword tools:

Google adwords keyword tools:



Langkah pertama adalah membuka situs Google Adwords: Keywoord Tools. Akan muncul halaman seperti gambar di atas. Sebaik anda mendaftar terlebih dahulu atau login dengan menggunakan email google anda, tujuannya adalah agar  dan anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi pada halaman riset dan juga keywords yang ditampilkan akan lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Adwords: Keywoord Tool, perhatikan gambar di atas:

    Pada kolom No. 1, anda masukan keywords/ kata kunci yang menjadi topik utama website yang akan anda buat. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.

    Pada  kolom No. 2, anda bisa mengambil ide kata kunci dari website lain yang se-niche dengan topik anda, tapi hal ini bukan sebuah keharusan karena anda mungkin ingin memilih kata kunci yang berbeda. Pada kolom kategori anda bisa memasukkan kategori yang sesuai dengan topik yang anda pilih, tapi anda bisa saja tidak mengisi kolom tersebut.

    Pada kolom No. 3, pastikan anda mencentang salah satu type pencarian yang anda inginkan. Saran saya, sebaiknya anda mencentang kotak “exact match” atau “persis” agar anda tahu jumlah pencarian di google yang persis mengetikan sebuah kata kunci.

    Pada Kolom No. 4,  langkah ini adalah salah satu yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena akan sangat mempengaruhi hasil pencarian kata kunci yang akan anda temukan. Pastikan anda memilih lokasi negara, dan bahasa yang anda target. Bila target market anda adalah Amerika, pastikan anda telah memilih “United States” atau “Amerika Serikat” pada opsi dan filter lanjutan.

    Kolom 5, setelah anda selesai memilih setingan pencarian kata kunci, silahkan anda klik “Search” atau “Telusuri”, anda akan diberikan data dari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang anda pilih.

    Pada kolom 6, anda akan melihat data setiap kata kunci yang anda masukkan, seperti: jumlah pencari kata kunci secara global, jumlah pencari kata kunci dari lokal, harga CPC (cost per click) untuk adsense, trend pencarian lokal, dan lain-lain.

Sampai pada langkah di atas, anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan dengan niche anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih keywords yang ditampilkan di google adwors kwyword tools, saya sangat menyarankan agar anda melakukan riset kata kunci tersebut lebih lanjut karena akan berhubungan dengan tingkat persaingan kata kunci yang akan anda pilih. Untuk riset keywords yang lebih mendalam akan saya bahas pada artikel berikutnya.
Demikian Riset nice keywords Menggunakan Google Adwords Keyword Tools


Baca juga artikel ini:cara mudah buat website sendiri
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->