Skip to main content

Cara praktis buat telur asin

Cara bikin telur Asin - Telur asin merupakan istilah umum untuk olahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Proses pengasinan dilakukan dengan cara diberi garam berlebih. Hal ini untuk menonaktifkan enzim perombak. Biasanya, telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu 30 hari. Itulah mengapa biasanya nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal.
cara bikin telur asin buat dijual

Persiapan pembuatan  telur asin:

Telur asin dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang dan nasi lengko. Meski demikian telur asin yang dimakan tanpa nasi juga tetap lezat. Proses pembuatannya pun tidak rumit, peralatannya  minim, serta bahan-bahannya mudah didapat. Berikut adalah cara membuat telur asin.
  1. Gunakan telur bebek kualitas premium. Ciri-ciri: kuning telurnya berwarna kemerahan dan tidak berbau amis ketika sudah menjadi telur asin
  2. Telur bebek kualitas bagus dan tidak amis biasanya dihasilkan oleh bebek yang diberi makanan pakan organik serta udang. Biasanya daerah penghasil telor bebek yang bagus itu adalah Blitar, Jawa timur, dan Indramayu.
  3. Jika sulit mendapatkan telur bebek, telur ayam biasa juga dapat dijadikan telur asin.
  4. Untuk menentukan apakah telur bebek masih layak diolah, lakukan pengujian ini: masukkan telur ke dalam wadah yang sudah diisi penuh dengan air. Jika telur tenggelam, artinya telur masih layak dikonsumsi. Pastikan juga telur tidak retak.
  5. Bersihkan telur dari kotoran yang menempel kemudian keringkan dengan lap. Amplas permukaan telur agar pori-porinya terbuka.
  6. Gunakan air yang dingin untuk merendam telur.
  7. Tentukan cara pembuatan telur asin yang diinginkan sehingga bisa memperkirakan jenis dan banyaknya bahan yang akan digunakan seperti: abu gosok, garam dan batu bata merah halus
  8. Ada pula yang menambahkan ekstrak daun teh saat pembuatan telur asin. Takaran penggunaan 50 gr teh untuk 3 liter air, demikian seterusnya.

Cara Pembuatan telur Asin

1. Metode Perendaman dengan Larutan Air Garam

  1. Siapkan air dan tambahkan garam secukupnya.
  2. Aduk sampai garam larut.
  3. Rendam telur yang sudah dibersihkan ke dalam larutan garam selama kurang lebih 10 hari dalam wadah yang tertutup.
  4. Jika menginginkan rasa telur yang lebih asin lagi, rendamlah telur lebih lama lagi.

2. Metode Perendaman dengan Adonan Garam

  1. Siapkan adonan garam berupa campuran air dan garam yang kekentalannya seperti pasta.
  2. Susun telur, lalu siram dengan adonan pasta garam tersebut sampai tertutup semuanya.
  3. Simpan beberapa hari.
  4. Setelah itu siap dimakan

3. Metode Perendaman Dengan Adonan Garam, Batu Bata dan Abu Gosok

  1. Campur abu gosok, batu merah yang sudah digiling halus, dan garam dengan perbandingan campuran 2:2:3.
  2. Aduk rata.
  3. Tambahkan air secukupnya sampai menjadi adonan pasta.
  4. Balurkan ke telur sampai terbungkus rapi, kira-kira dengan ketebalan adonan 1 cm. Simpan ditempat yang terbuka sampai waktu yang diinginkan.
  5. Untuk asin yang tidak berlebihan, simpan telur selama 7-15 hari.

Cara Mengetahui Telur Asin Palsu

  1. Telur asin asli warna kuning telurnya biasanya keorenan/kemerahan. Kuning telurnya “masir”. Adapun telur asin palsu kuning telurnya pucat karena dibuat dari telur ayam biasa.
  2. Gunakan cairan pemutih . Gosoklah telur secara perlahan, jika warna terlihat kecoklatan, artinya telur asin dibuat dari telur ayam yang sudah diwarnai dengan pewarna tekstil dan penguat warna lainnya yang bukan pewarna makanan.
  3. Supaya proses pembuatan telur asin tidak memakan waktu yang lama, cukup hanya memakan waktu 1 hari saja. Penjual nakal biasanya merendam salah satu sisi ujung telur dengan cuka hingga telurnya melunak lalu disuntik air garam. Kemudian, telur ayam dicat dengan cat tembok dan diberi tepung kanji sehingga warnanya sangat menyerupai telur bebek asli dan sekaligus menghilangkan guratan guratan cat pada telur. Cara untuk mengetahuinya: usaplah permukaan telur jika agak kesat dan warnanya  agak kusam, artinya palsu.
Demikian sedikit informasi mengenai Cara praktis buat telur asin semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->